CLOCKS

Cuteki cute
Diberdayakan oleh Blogger.

BUBBLES

RSS

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI




  A. Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi yang Bermoral

          Keinginan merupakan hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Sedangkan kebutuhan merupakan keinginan atas barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan untuk kelangsungan hidup.
          Hasrat manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut manusia sebagai makhluk ekonomi. Hasrat manusia memerlukan bantuan orang lain disebut manusia sebagai makhluk sosial.
          Sifat manusia yang selalu ingin meningkatkan kehidupannya merupakan kenyataan bahwa manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economius). Homo=manusia, economius=yang hidup menurut kepentingan diri sendiri. Manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economius)
          Manusia meskipun tidak memiliki kesempurnaan dalam segala tindakannya, namun sebagai makhluk ekonomi, dalam bertindak ekonomi setidaknya memiliki empat aspek:
1.Rasionalitas (akal sehat)
Rasionalitas didefinisikan sebagai kemampuan untuk berpikir baik dan berlatih mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, dengan akal sehat dapat membedakan kebutuhan apa yang harus didahulukan dan apa yang dapat ditunda.

2.Kepentingan Pribadi
Manusia sebagai homo economicus memiliki kepentingan pribadi yang melekat kental pada dirinya masing-masing, tetapi masih ada kepentingan lain yang bersifat sosial atau ingin membantu orang lain.

3.Moral
Manusia dalam memenuhi kebutuhannya harus mempertimbangkan aspek-aspek moral. Aspek moral dan akhlak sangat diperlukan saat manusia menjalankan fungsinya sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Bersikap jujur dalam kehidupan adalah kunci utamanya.

4.Informasi
Untuk dapat melakukan kegiatan ekonomi dengan baik, dibutuhkan informasi yang benar dan lengkap agar pilihan yang ditetapkan mempunyai nilai guna yang besar sehingga manfaatnya juga besar.
Orang Indonesia memenuhi kebutuhan pokoknya dengan nasi. Berarti keinginan orang Amerika dengan orang Indonesia berbeda, namun kebutuhan pokoknya sama.
          Faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan manusia dalam memenuhi kebutuhan adalah berikut:
   1.    Tempat tinggal
Tempat tinggal manusia mempengaruhi keinginan manusia dalam memenuhi kebutuhan. Manusia yang tinggal di daerah tropis, membutuhkan makanan yang berkalori tinggi, pakaian yang lebih tipis, dan perumahan yang berventilasi lebar.


   2.    Pendidikan
Manusia yang berpendidikan tinggi, semakin besar dan bervariasi keinginan dalam memenuhi kebutuhan.

   3.    Usia
Manusia yang berusia dewasa memiliki keinginan yang berbeda dengan yang masih berusia remaja atau anak-anak.

   4.    Sumber daya alam dan sumber daya manusia yang tersedia
Sumber daya manusia yang mampu, dalam arti semakin tinggi tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki, memiliki keinginan dan peluang untuk memenuhi kebutuhannya lebih besar dibanding manusia yang kurang mampu.

B.Perilaku Manusia dalam Bekerjasama untuk Memenuhi Kebutuhan Hidupnya
      
       Beberapa bentuk kepedulian dari setiap diri manusia mewujudkan keselarasan antara fungsi manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi antara lain:
  1.    Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing dalam melakukan kerjasama.
   2.    Saling berbagi ilmu dan pengetahuan untuk kemajuan bersama.
   3.    Saling tolong-menolong dan bahu-membahu dalam kegiatan sehari-hari.
   4.    Menjaga dan memupuk harga diri setiap pihak dalam melakukan kerjasama.
  5.    Bahu-membahu untuk mencapai tujuan bersama tanpa mengesampingkan norma-norma yang berlaku.

Hubungan perilaku kerjasama biasanya didasarkan pada maksud dan tujuan yang diinginkan, yaitu:
   1.    Kerjasama yang saling menguntungkan
Manusia tidak memilki kemampuan yang sama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

    2.    Kerjasama untuk kepentingan bersama
Kerjasama untuk kepentingan bersama banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan ekonomi, misalnya sebuah perusahaan besar berperan sebagai bapak angkat bagi usaha menengah kecil (UKM)

    3.     Kerjasama yang saling menghormati
Manusia berpikir dan berusaha bagaiman cara memenuhi kebutuhannya. Namun, setelah mereka menyadari bahwa kebutuhan tersebut tidak hanya dibutuhkan sendiri, maka manusia juga berusaha bagaimana ia dapat memenuhi kebutuhan orang lain. Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya selalu dibatasi oleh norma-norma yang berlaku.
Bentuk kerjasama yang paling baik dalam memenuhi kebutuhan adalah kerjasama yang saling menghormati.

  C. Perilaku Manusia dalam Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi untuk Memenuhi Kebutuhan  
Sumber daya ekonomi dapat dikelompokkan dalam sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan sumber daya keahlian. Sumber daya ekonomi terbatas jumlahnya, tidak sejumlah dengan yang dibutuhkan manusia. Ketidakseimbangan disebut kelangkaan (scarcity).
Sumber daya manusia berperan menentukan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta besar kecilnya kebutuhan. Semakin tinggi tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki, semakin besar keinginan memenuhi kebutuhan dan lebih berpeluang memperolehnya.
Usaha yang dilakukan individu,keluarga,masyarakat merupakan kegiatan ekonomi yang mengandung makna menghasilkan(memproduksi), memakai(mengkonsumsi), dan menyebarkan (distribusi).
Pemenuhan kebutuhan melalui pilihan dimulai dari kebutuhan yang dirasakan paling penting. Kemudian yang penting selanjutnya yang kurang penting.

    D. Ilmu Ekonomi
Manusia dengan tindakan memilihnya berusaha memenuhi kebutuhan pokoknya terlebih dahulu.  Ekonomi merupakan studi tentang bagaimana manusia memilih memanfaatkan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan.
Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani oikonomia ,yaitu dari kata oikos dan nomos. Oikos berarti rumah tangga dan nomos berarti mengatur. Jadi, oikonomia adalah mengatur rumah tangga. Maka pengertian ekonomi dalam arti sempit, tapi rumah tangga dalam arti luas, seperti rumah tangga perusahaan, masyarakat, negara, bahkan dunia.
Beberapa definisi tentang ilmu ekonomi:
  1.    Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
   2.    Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mengajarkan bagaimana menentukan pilihan dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas.
  3.    Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran.
  4.    Ilmu ekonomi merupakan studi tentang uang, suku bunga, modal,dan kekayaan.
  5.    Paul A. Samuelson: ilmu ekonomi adalah studi mengenai individu dan masyarakat  membuat pilihan dengan atau tanpa uang. Menggunakan sumber daya terbatas untuk menghasilkan barang dan jasa dan mendistribusikannya  untuk kebutuhan konsumsi pada individu atau masyarakat.

Definisi diatas menekan  beberapa hal:
 Dalam ilmu ekonomi terdapat masalah penentuan dan pembuatan pilihan dalam sumber-sumber daya ekonomi atau faktor produksi.

 Sumber daya ekonomi langka, sehingga perlu menggunkan alternatif.

 Untuk memenuhi kebutuhan individu dan masyarakat, dilakukan produksi, distribusi,konsumsi.

  Menentukan pilihan dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas.


 Bertujuan memecahkan masalah ekonomi untuk mencapai                               kemakmuran.

 Kegiatan produksi, konsumsi, distribusi, dan transaksi yang terjadi pada masyarakat menggunakan uang atau tanpa menggunakan uang atau dengan sumber daya yang tersedia untuk konsumsi masa sekarang dan masa yang akan datang.


 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar